KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya dapat menyelesaikan
makalah tentang “ Analisis e-commerce eBay”. Penulis berterima kasih pada Bapak
Enda Wista Sinuraya S.T., M.T., selaku Dosen mata kuliah Teknologi Informasi
UNDIP.
Penulis sangat berharap makalah ini
dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta membantu dalam mencari
tiket-tiket dengan mudah. Penulis juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam
makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu,
penulis berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang
telah penulis buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang
sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat
dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun
ini dapat berguna bagi penulis sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya
penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan
dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Semarang,
Maret 2016
Penulis
DAFTAR ISI
BAB 1
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Di era perkembangan teknologi yang
semakin canggih ini, kehadiran teknologi semakin dapat dirasakan dalam setiap
aspek kehidupan dan kegiatan manusia, salah satu contohnya yang dapat dilihat
adalah penggunaan teknologi sistem informasi dan telekomunikasi berbasis
internet dalam kegiatan bertransaksi jual beli, atau yang biasa disebut
e-commerce.
Kehadiran e-commerce dalam kehidupan
manusia pada masa ini pun semakin menjamur, hal ini terbukti dan dapat dilihat
dari banyaknya situs penyedia e-commerce dan pedagang yang menjajakan barangnya
melalui internet sekarang ini, juga tingginya peminat dari kalangan rumah
tangga konsumen yang membeli barang dan jasa yang ditawarkan melalui internet
tersebut.
Sebut saja beberapa contoh dari situs
penyedia layanan e-commerce sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan
konsumen adalah olx, took bagus, buka lapak, atau yang sekelas internasional
seperti eBay.
2. Tujuan Penelitian
Berdasarkan
latar belakang penulisan yang telah penulis paparkan, penulis menyimpulkan
bahwa kehadiran e-commerce yang semakin jelas dapat dirasakan di kehidupan
manusia ini, tentu juga menuntut masyarakat untuk dapat lebih memahami
unsur-unsur apa saja yang terlibat dan sistem yang terjadi di dalam sebuah
transaksi e-commerce, salah satunya adalah dengan memahami perbedaan sistem B2B ( Bussines to Bussines ), B2C
(Bussines to Consument ), B2C (Bussines to Consument ), C2C ( Consumer to
Consumer ).
Melalui makalah ini, penulis mencoba
menyajikan penjelasan singkat mengenai sistem yang ada dan mencoba memberikan
pemahaman melalui contoh yang penulis berikan dan mengklasifikasikan contoh
tersebut ke dalam sistem yang mana berdasarkan pemahaman dan penjelasan yang di
bahas.
3. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan makalah ini, penulis
mencoba membahas topik yang ada, serta memberikan contoh untuk dibahas dengan
dibantu menggunakan referensi teori dan literature yang di dapat dari internet.
Secara garis besar, penulis menerapkan sistematika penulisan makalah dengan
membagi makalah ini kedalam 4 bab pokok, yaitu:
-
Bab I
Pendahuluan, berisi latar belakang, tujuan penulisan, dan informasi mengenai
sistematika dalam penulisan makalah.
-
Bab II Dasar
teori, berisi pengertian dan gambaran dari materi yang akan di bahas.
-
Bab III
Pembahasan, berisi penjelasan singkat dan pembahasan contoh.
-
Bab IV Penutup,
berisi kesimpulan dan salam penutup
BAB 2
DASAR TEORI
1. Pengertian E-Commerce
E-commerce
(Perdagangan elektronik atau e-dagang) adalah penyebaran, pembelian, penjualan,
pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau
televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-dagang
atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business
lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga
pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata
atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan
bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali
banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu
halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan
penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada
bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel
di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada
tahun 2011.
Dalam
banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya
mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang
handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi
bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang
bagus, beberapa faktor yang termasuk:
·
Menyediakan harga kompetitif
·
Menyediakan jasa pembelian yang tanggap,
cepat, dan ramah.
·
Menyediakan informasi barang dan jasa
yang lengkap dan jelas.
·
Menyediakan banyak bonus seperti kupon,
penawaran istimewa, dan diskon.
·
Memberikan perhatian khusus seperti
usulan pembelian.
·
Menyediakan rasa komunitas untuk
berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
·
Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum
yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
·
E-mail dan Messaging
·
Content Management Systems
·
Dokumen, spreadsheet, database
·
Akunting dan sistem keuangan
·
Informasi pengiriman dan pemesanan
·
Pelaporan informasi dari klien dan
enterprise
·
Sistem pembayaran domestik dan
internasional
·
Newsgroup
·
On-line Shopping
·
Conferencing
·
Online Banking
Perusahaan
yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google,
dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com,
fastncheap.com, dll.
2. Jenis - Jenis E-commerce
1.
B2B ( Bussines to Bussines )
B2B adalah
transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek
bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
·
Disebut
juga transaksi antar perusahaan
·
Transaksinya
menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi &
konsultasi
·
Digunakan
untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
2.
B2C (Bussines to Consument )
B2C adalah
kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui
barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat
langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum.
3.
C2C ( Consumer to Consumer )
C2C adalah
model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh
dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan
(dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti
blogspot). C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa
langsung kepada individu lainnya.
Contoh: http://www.bidhere.com/, http://www.ebay.com,
BAB 3
PEMBAHASAN
1. Pengertian eBay
eBay adalah ajang pasar online dunia
tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang. Diluncurkan tahun
1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang
yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar yang
dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang
koleksi dan mobil.
Dengan daftar barang sebanyak 103,6
juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang
dilakukan setiap hari, eBay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi
semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia.
2. Cara Kerja eBay
Ketika datang ke websitenya dan
hanya melihat barang-barang yang tersedia di eBay tidak perlu mendaftar, tetapi
saat ingin membeli atau menjual di haruskan untuk mendaftar di eBay. Bisa
mendaftar di manapun, apakah pada eBay.com, atau situs internasional lainnya –
ID. Pengguna eBay berfungsi pada setiap situs eBay. Dibawah ini adalah bagaimana cara menjual atau
membeli di eBay:

![]() |
3. Kelebihan dari eBay
eBay ajang
pasar yang menjajakan barang bernilai lebih dari US$1.840 yang diperdagangkan
setiap detik, dan dapat menjangkau 241 juta pembeli di seluruh dunia. Dari eBay
bisa mendapatkan banyak keuntungan.
Apa pun
yang ingin dilakukan, memulai bisnis online baru, meluaskan bisnis, atau
eksportir yang sedang mencari untuk menjual barang melalui saluran lain, eBay
menawarkan:
·
Arena
perdagangan untuk penjual baru maupun yang berpengalaman
·
Rintangan
entri yang rendah dan biaya memulai yang minimal
·
Akses
mudah ke 38 pasar internasional dengan biaya operasi yang rendah
Kekuatan
1. Siapapun dapat berdagang di eBay, di
manapun, kapan saja.
2. Mulailah segera menjual setelah
proses pendaftaran yang mudah
3. Tidak ada biaya keanggotaan di muka
atau yang tersembunyi
Sumber daya seperti Pusat Keamanan,
Program sistem Umpan-balik dan Perlindungan Pembeli dari eBay dan PayPal
mengurangi risiko kecurangan online dan meningkatkan kepercayaan di antara para
pembeli dan penjual.
4. Penjual di eBay
Dari
penjual biasa yang mencari uang saku tambahan hingga pengecer profesional,
hampir setiap orang menjual di eBay:
·
Manufaktur
lokal : Meluaskan bisnis Anda ke luar pasar domestik. Permintaan yang meningkat
berarti output lebih besar, ongkos lebih rendah dan margin lebih tinggi.
·
Pedagang
(Impor/Ekspor) : Membagi risiko pengimporan dalam jumlah besar dengan menjual
kelebihan stok di eBay. Ini juga berfungsi sebagai saluran tambahan untuk
meluaskan bisnis Anda.
·
Pengecer
domestik : Tidak ada ongkos sewa dan biaya pengeluaran, bahkan mampu menjangkau
lebih dari 241 juta pembeli di seluruh dunia.
·
Grosir/distributor
domestik : Membagi risiko pembelian dalam jumlah besar dengan menjual kelebihan
stok di eBay. Ini juga berfungsi sebagai saluran tambahan untuk meluaskan
bisnis Anda.
·
Eksportir
: Gunakan eBay sebagai saluran tambahan untuk menjangkau 241 juta pemeli
potensial.
Wiraswasta/Memulai Bisnis : Tanpa
menyewa ruangan, biaya penggunaan, atau pengeluaran lain terkait bisnis secara
fisik, eBay merupakan saluran rendah biaya yang sangat baik untuk menjangkau
pembeli di seluruh dunia.
5. Tahap awal dalam penjualan di eBay
Ada beberapa tahapan awal untuk
memulai perdagangan di eBay, caranya seperti di bawah ini:

![]() |
BAB 4
PENUTUP
1. Kesimpulan
Dengan
adanya sarana belanja online yang terpercaya memudahkan konsumen untuk
berbelanja tanpa harus berjalan keluar untuk mencarinya. Dengan kualtas barang
yang baik dan sama dengan detail yang di iklankan, menambah kepercayaan
konsumen. Begitu juga bagi para masyarakat yang mempunyai barang yang ingin
dijual bisa di permudahkan dalam penjualannya ke dalam negeri maupun luar
negeri.
Demikianlah
makalah mengenai …. Ini dibuat. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah
ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu penulis mohon maklum atas
kesalahan yang ada pada makalah ini, serta penulis mempersilahkan saran serta
kritik yang membangun sebagai bahan perbaikan bagi penulis dalam penulisan
makalah selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar