Pengikut

Rabu, 08 Juni 2016

Makalah TI (analisis e-commerce e-bay)



KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya dapat menyelesaikan makalah tentang “ Analisis e-commerce eBay”. Penulis berterima kasih pada Bapak Enda Wista Sinuraya S.T., M.T., selaku Dosen mata kuliah Teknologi Informasi UNDIP.

Penulis sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta membantu dalam mencari tiket-tiket dengan mudah. Penulis juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, penulis berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah penulis buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi penulis sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.


Semarang, Maret 2016


Penulis



DAFTAR ISI







BAB 1

PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang

Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, kehadiran teknologi semakin dapat dirasakan dalam setiap aspek kehidupan dan kegiatan manusia, salah satu contohnya yang dapat dilihat adalah penggunaan teknologi sistem informasi dan telekomunikasi berbasis internet dalam kegiatan bertransaksi jual beli, atau yang biasa disebut e-commerce.
Kehadiran e-commerce dalam kehidupan manusia pada masa ini pun semakin menjamur, hal ini terbukti dan dapat dilihat dari banyaknya situs penyedia e-commerce dan pedagang yang menjajakan barangnya melalui internet sekarang ini, juga tingginya peminat dari kalangan rumah tangga konsumen yang membeli barang dan jasa yang ditawarkan melalui internet tersebut.
Sebut saja beberapa contoh dari situs penyedia layanan e-commerce sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan konsumen adalah olx, took bagus, buka lapak, atau yang sekelas internasional seperti eBay.

2.      Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang penulisan yang telah penulis paparkan, penulis menyimpulkan bahwa kehadiran e-commerce yang semakin jelas dapat dirasakan di kehidupan manusia ini, tentu juga menuntut masyarakat untuk dapat lebih memahami unsur-unsur apa saja yang terlibat dan sistem yang terjadi di dalam sebuah transaksi e-commerce, salah satunya adalah dengan memahami perbedaan sistem B2B ( Bussines to Bussines ), B2C (Bussines to Consument ), B2C (Bussines to Consument ), C2C ( Consumer to Consumer ).
Melalui makalah ini, penulis mencoba menyajikan penjelasan singkat mengenai sistem yang ada dan mencoba memberikan pemahaman melalui contoh yang penulis berikan dan mengklasifikasikan contoh tersebut ke dalam sistem yang mana berdasarkan pemahaman dan penjelasan yang di bahas.

3.      Sistematika Penulisan

Dalam penulisan makalah ini, penulis mencoba membahas topik yang ada, serta memberikan contoh untuk dibahas dengan dibantu menggunakan referensi teori dan literature yang di dapat dari internet. Secara garis besar, penulis menerapkan sistematika penulisan makalah dengan membagi makalah ini kedalam 4 bab pokok, yaitu:
-          Bab I Pendahuluan, berisi latar belakang, tujuan penulisan, dan informasi mengenai sistematika dalam penulisan makalah.
-          Bab II Dasar teori, berisi pengertian dan gambaran dari materi yang akan di bahas.
-          Bab III Pembahasan, berisi penjelasan singkat dan pembahasan contoh.
-          Bab IV Penutup, berisi kesimpulan dan salam penutup












BAB 2

DASAR TEORI

 

1.      Pengertian E-Commerce

E-commerce (Perdagangan elektronik atau e-dagang) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
·         Menyediakan harga kompetitif
·         Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
·         Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
·         Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
·         Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
·         Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
·         Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
·         E-mail dan Messaging
·         Content Management Systems
·         Dokumen, spreadsheet, database
·         Akunting dan sistem keuangan
·         Informasi pengiriman dan pemesanan
·         Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
·         Sistem pembayaran domestik dan internasional
·         Newsgroup
·         On-line Shopping
·         Conferencing
·         Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

2. Jenis - Jenis E-commerce

1.      B2B ( Bussines to Bussines )

B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
·         Disebut juga transaksi antar perusahaan
·         Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
·         Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.


2.      B2C (Bussines to Consument )

B2C adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum.


3.      C2C ( Consumer to Consumer )

C2C adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot). C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.







BAB 3

PEMBAHASAN

 

1.         Pengertian eBay


eBay adalah ajang pasar online dunia tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar yang dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil.

Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia.

2.         Cara Kerja eBay


Ketika datang ke websitenya dan hanya melihat barang-barang yang tersedia di eBay tidak perlu mendaftar, tetapi saat ingin membeli atau menjual di haruskan untuk mendaftar di eBay. Bisa mendaftar di manapun, apakah pada eBay.com, atau situs internasional lainnya – ID. Pengguna eBay berfungsi pada setiap situs eBay.  Dibawah ini adalah bagaimana cara menjual atau membeli di eBay:
http://pics.ebaystatic.com/aw/pics/sg/id/v3/howeBayWorks.gif










Text Box: Gambar 3.1 Cara Kerja eBay
 


3.         Kelebihan dari eBay


eBay ajang pasar yang menjajakan barang bernilai lebih dari US$1.840 yang diperdagangkan setiap detik, dan dapat menjangkau 241 juta pembeli di seluruh dunia. Dari eBay bisa mendapatkan banyak keuntungan.
Apa pun yang ingin dilakukan, memulai bisnis online baru, meluaskan bisnis, atau eksportir yang sedang mencari untuk menjual barang melalui saluran lain, eBay menawarkan:
·         Arena perdagangan untuk penjual baru maupun yang berpengalaman
·         Rintangan entri yang rendah dan biaya memulai yang minimal
·         Akses mudah ke 38 pasar internasional dengan biaya operasi yang rendah




Kekuatan

1.      Siapapun dapat berdagang di eBay, di manapun, kapan saja.
2.      Mulailah segera menjual setelah proses pendaftaran yang mudah
3.      Tidak ada biaya keanggotaan di muka atau yang tersembunyi
Sumber daya seperti Pusat Keamanan, Program sistem Umpan-balik dan Perlindungan Pembeli dari eBay dan PayPal mengurangi risiko kecurangan online dan meningkatkan kepercayaan di antara para pembeli dan penjual.

4.         Penjual di eBay


Dari penjual biasa yang mencari uang saku tambahan hingga pengecer profesional, hampir setiap orang menjual di eBay:

·         Manufaktur lokal : Meluaskan bisnis Anda ke luar pasar domestik. Permintaan yang meningkat berarti output lebih besar, ongkos lebih rendah dan margin lebih tinggi.
·         Pedagang (Impor/Ekspor) : Membagi risiko pengimporan dalam jumlah besar dengan menjual kelebihan stok di eBay. Ini juga berfungsi sebagai saluran tambahan untuk meluaskan bisnis Anda.
·         Pengecer domestik : Tidak ada ongkos sewa dan biaya pengeluaran, bahkan mampu menjangkau lebih dari 241 juta pembeli di seluruh dunia.
·         Grosir/distributor domestik : Membagi risiko pembelian dalam jumlah besar dengan menjual kelebihan stok di eBay. Ini juga berfungsi sebagai saluran tambahan untuk meluaskan bisnis Anda.
·         Eksportir : Gunakan eBay sebagai saluran tambahan untuk menjangkau 241 juta pemeli potensial.
Wiraswasta/Memulai Bisnis : Tanpa menyewa ruangan, biaya penggunaan, atau pengeluaran lain terkait bisnis secara fisik, eBay merupakan saluran rendah biaya yang sangat baik untuk menjangkau pembeli di seluruh dunia.

5.         Tahap awal dalam penjualan di eBay


Ada beberapa tahapan awal untuk memulai perdagangan di eBay, caranya seperti di bawah ini:
http://pics.ebaystatic.com/aw/pics/sg/id/v3/gettinStarted.gif

















Text Box: Gambar 3.2 Tahap awal dalam penjualan eBay
 

BAB 4

PENUTUP


1. Kesimpulan


            Dengan adanya sarana belanja online yang terpercaya memudahkan konsumen untuk berbelanja tanpa harus berjalan keluar untuk mencarinya. Dengan kualtas barang yang baik dan sama dengan detail yang di iklankan, menambah kepercayaan konsumen. Begitu juga bagi para masyarakat yang mempunyai barang yang ingin dijual bisa di permudahkan dalam penjualannya ke dalam negeri maupun luar negeri.
            Demikianlah makalah mengenai …. Ini dibuat. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu penulis mohon maklum atas kesalahan yang ada pada makalah ini, serta penulis mempersilahkan saran serta kritik yang membangun sebagai bahan perbaikan bagi penulis dalam penulisan makalah selanjutnya.









DAFTAR PUSTAKA













Tidak ada komentar:

Posting Komentar