4.1. Tujuan Percobaan
Modul IV Pemrograman Bahasa C (
bagian I )
1. Praktikan
dapat menerapkan konsep algoritma dan flowchart ke dalam bahasa C
2. Praktikan
dapat menjelaskan library dalam bahasa C
3. Praktikan
dapat menjelaskan tipe data dan format data dari bahasa C
4. Praktikan
dapat menjelaskan dasar input output bahasa C
5.
Praktikan dapat mengerti dan mengimplementasikan konsep
penyeleksian kondisi dan perulangan dalam bahasa C
4.2. Materi Percobaan
Bahasa C merupakan evolusi dari bahasa BCPL yang
dibuat oleh Martin Richards pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada
Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa B pada tahun 1970. Selanjutnya dikembangkan kembali menjadi bahasa
C oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone
Laboratories Inc. (sekarang bernama AT&T Bell Laboratories). Bahasa C pertama kali digunakan di Computer Digital
Equipment Corporation PDP-11
dengan sistem operasi UNIX.
Hingga saat ini, hampir semua perguruan tinggi
di dunia menjadikan bahasa C sebagai salah satu matakuliah wajib.
Selain itu, banyak bahasa pemrograman populer seperti PHP dan Java menggunakan
sintaks dasar yang mirip bahasa C. Oleh karena itu, kita juga sangat perlu
mempelajarinya.
Beberapa alasan mengapa bahasa C
banyak digunakan diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Bahasa
C tersedia hampir di semua jenis komputer.
2. Bahasa
C hanya menyediakan sedikit kata kunci.
3. Dukungan
library yang banyak.
4. Bahasa
C memiliki struktur yang baik sehingga mudah
dipahami
4.2.1. Algoritma
Algoritma
adalah langkah-langkah yang logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu
masalah. Berikut ini adalah contoh algoritma untuk menghitung luas segitiga:
1. Mulai
2. Masukkan
nilai tinggi
3. Masukkan
nilai alas
4. Hitung
luas dengan rumus luas = alas * tinggi / 2
5. Tulis
hasil perhitungan luas
6. Selesai
Dalam pemrograman terdapat berbagai macam algoritma
untuk mengolah data. Misalnya, algoritma mengurutkan data, mencari data,
geometri, menggambar grafik, perhitungan matematika, pengolahan data paralel,
dan lain-lain.
4.2.2. Flowchart
Flowchart adalah
suatu struktur yang menggambarkan proses algoritma. Berikut merupakan beberapa
contoh bangun yang digunakan dalam flowchart.
|
Bentuk Bangun
|
Keterangan
|
|
|
Terminal awal dan akhir proses
|
![]() |
Input dan output data
|
![]() |
Percabangan
|
![]() |
Terminal untuk berpindah dalam satu
halaman
|
|
|
Terminal untuk berpindah ke halaman
lain
|
|
|
Arah proses
|
![]() |
Berikut adalah contoh flowchart dari algoritma perhitungan luas segitiga di atas.
4.2.3. Orwell Dev-C++
Orwell Dev-C++ merupakan IDE untuk bahasa pemrograman C/C++. Untuk
informasi lebih lanjut mengenai Orwell Dev-C++, silahkan cari referensinya di
internet.
Setelah selesai meng-install Orwell Dev-C++, harap lakukan
langkah berikut.
1.
![]() |
Pilih Tools > Compiler Options...
2. Centang
“Add the following commands when calling the compiler:” dan tambahkan –std=c99
pada kolom teks di bawahnya.

4.2.4. Tinjauan Umum Bahasa C dan Program Komputer
Bahasa C merupakan bahasa pemrograman komputer yang
di-compile menggunakan program
komputer lain yang disebut compiler.
Sebuah kode sumber (source code; kode
yang ditulis langsung oleh seorang pemrogram dalam suatu bahasa pemrograman)
akan diubah menjadi bahasa mesin oleh compiler agar
komputer dapat mengerti
dan menjalankan program yang pemrogram tulis.
![]() |
4.2.5. Struktur Dasar Bahasa C
Struktur dasar dari bahasa C dapat dilihat sebagai
kumpulan dari sebuah atau lebih fungsi-fungsi. Fungsi yang harus ada adalah
fungsi main(). Fungsi ini akan
menjadi titik awal program dimulai. Fungsi dalam bahasa C dibuka dengan kurung
kurawal buka ( { ) dan ditutup kurung kurawal tutup ( } ). Di antara dua kurung kurawal
tersebut adalah tempat
untuk menulis statement
(perintah-perintah) program bahasa C.
Library merupakan sekumpulan kode-kode yang dituliskan
oleh seseorang untuk membantu mempermudah menulis program. Di dalamnya terdapat
fungsi-fungsi siap pakai. Kita dapat menggunakan library ini dengan menyebutkan
file header library yang diinginkan menggunakan format #include <nama_library.h> atau #include “nama_library.h”. Meng-include library sama seperti memasukkan
atau menulis kode-kode yang ada di library tersebut di tempat library tersebut
di-include.
Bahasa C merupakan bahasa yang case-sensitive, artinya huruf kapital dan huruf kecil dibedakan.
Fungsi Main() berbeda dengan main() dan mAiN(). Ini berlaku pula untuk nama
variabel.
![]() |
Berikut adalah struktur bahasa C berdasarkan penjelasan di atas.
Susunan bisa diacak, karena bahasa C tidak mengatur
kolom penulisan untuk statement tertentu. Jadi, meng-include library tidak harus dilakukan di bagian paling awal dari
file kode. Setiap statement atau perintah harus di akhiri titik koma ( ; ).
Untuk mempermudah membaca kode program ketika melakukan debugging, sebaiknya
penulisan bahasa C diatur sedemikian rupa dan berikan dokumentasi dengan
menggunakan komentar. Komentar merupakan bagian kode yang diabaikan oleh
compiler (tidak akan dijadikan program komputer), dibuat untuk keperluan
pemrogram dalam memberi keterangan mengenai kode yang ditulisnya. Komentar bisa
dibuat dengan dua cara, yaitu dengan garis miring ganda ( // ) untuk komentar satu
baris, dan pasangan garis miring bintang ( /* */ ) untuk komentar lebih dari
satu baris atau untuk mengomentari sebagian kode. Contohnya adalah sebagai
berikut.

TIPE DATA. Dalam bahasa C terdapat
beberapa tipe data. Secara umum ada tipe data huruf dan bilangan. Bilangan
terbagi atas bilangan bulat dan real. Efisiensi program dapat ditunjukkan dalam
pemilihan tipe data yang tepat.
|
Tipe Data
|
Ukuran (Byte)
|
Rentang /
Jangkauan
|
Simbol Format
|
Keterangan
|
|
char
|
1
|
-128 sampai 127
|
%c
|
Karakter/huruf
|
|
unsigned
Char
|
0 sampai 255
|
|||
|
float
|
4
|
1.2E-38 sampai 3.4E+38
|
%f
|
Bilangan real (desimal)
|
|
double
|
8
|
2.3E-308 sampai 1.7E+308
|
%f
|
Bilangan real (desimal)
|
|
int
|
4
|
-32768 sampai 32767
|
%d atau %i
|
Bilangan bulat
|
|
unsigned
int
|
4
|
0 sampai 6535
|
%u
|
Bilangan bulat
positif (tanpa tanda)
|
|
void
|
0
|
-
|
-
|
Tidak bertipe
|
VARIABEL, KONSTANTA, DAN KARAKTER KHUSUS. Variabel
adalah suatu simbol yang mewakili suatu nilai tertentu pada sebuah program.
Dalam bahasa C, variabel perlu dideklarasikan terlebih dahulu sebelum
digunakan. Cara mendeklarasikannya adalah : tipe_data nama_variabel;
Misalnya,
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, variabel merupakan simbol yang
mewakili suatu nilai tertentu. Maka, nilai apakah yang diwakili oleh simbol ‘x’
ketika kita mendeklarasikan x sebagai integer dengan statement di atas? Dalam
kasus ini kita belum memberi x sebuah nilai untuk diwakilkan. Nilai x akan
bervariasi nantinya, tergantung di mana x di deklarasikan. Pembahasan ini di
luar cakupan percobaan C bagian 1. Agar program berjalan sesuai harapan, ada
baiknya kita memberikan x nilai awal (insisialisasi) sebelum digunakan.
Memberikan nilai untuk diwakilkan suatu simbol variabel (variable assignment)
dapat dilakukan dengan cara berikut,
dengan pernyataan di atas, kita memberi x sebuah nilai berupa bilangan
bulat yaitu 256. Jika ingin mengubah nilai x, berikan pernyataan yang sama
seperti di atas, dengan nilai yang diinginkan.
Deklarasi dan inisialisasi bisa dilakukan dalam satu pernyataan. Contohnya,
Penamaan variabel memiliki
beberapa aturan, yaitu:
1.
Karakter yang diperbolehkan : garis bawah ( _ ), huruf
kapital (A – Z), huruf kecil (a – z), angka (0 – 9).
2.
Spasi dan koma tidak diboleh digunakan.
3. Karakter
pertama harus huruf atau garis bawah. Tidak boleh diawali angka.
4. Nama
tidak boleh sama dengan kata kunci (keyword) bahasa C.
Konstanta merupakan variabel yang hanya bisa diberi
nilai sekali (hanya bisa diinisialisasi) tidak bisa di ubah nilainya setelah
nilai awal diberikan. Konstanta dapat dibuat
dengan menggunakan
#define atau
dideklarasikan dengan const.
Contohnya,
Dalam bahasa
C ada karakter khusus yang dapat dugunakan
untuk menulis karakter
seperti tab, baris baru,
backspace (kembali satu karakter ke belakang), dan sebagainya.
|
Karakter Khusus
|
Karakter yang diwakilkan
|
|
\a
|
Bunyi bel/alarm
|
|
\b
|
Backspace
|
|
\t
|
|
|
\n
|
Newline (Line Feed), baris baru
|
|
\v
|
|
|
\f
|
|
|
\r
|
|
|
\"
|
Tanda petik ganda
|
|
\'
|
Tanda petik tunggal
|
|
\?
|
Tanda tanya
|
|
\\
|
Garis miring terbalik, Backslash
|
OPERATOR. Bahasa C memiliki operator
untuk perhitungan, pemrosesan data, perbandingan, dan sebagainya.
1. Operator Aritmatika
|
Operator
|
Arti
|
|
+
|
Penambahan
|
|
-
|
Pengurangan
|
|
*
|
Perkalian
|
|
/
|
Pembagian
|
|
%
|
Sisa bagi (modulo)
|
2.
Operator Penugasan (assignment)
|
Operator
|
Contoh
|
Sama seperti
|
|
=
|
a=b
|
a=b
|
|
+=
|
a+=b
|
a=a+b
|
|
-=
|
a-=b
|
a=a-b
|
|
*=
|
a*=b
|
a=a*b
|
|
/=
|
a/=b
|
a=a/b
|
|
%=
|
a%=b
|
a=a%b
|
3.
Operator Hubungan (perbandingan)
|
Operator
|
Arti
|
Contoh
|
|
==
|
Bernilai sama dengan
|
5==3 (FALSE)
|
|
>
|
Lebih besar dari
|
5>3 (TRUE)
|
|
<
|
Lebih kecil dari
|
5<3 (FALSE)
|
|
!=
|
Tidak sama dengan
|
5!=3 (TRUE)
|
|
>=
|
Lebih besar dari atau sama dengan
|
5>=3 (TRUE)
|
|
<=
|
Lebih kecil dari atau sama dengan
|
5<=3 (FALSE)
|
4.
Operator Logika
|
Operator
|
Arti
|
Contoh
|
|
&&
|
Logial AND
|
((5==5) && (2>5)) (FALSE).
|
|
||
|
Logical OR
|
((5==5) || (2>5)) (TRUE).
|
|
!
|
Logical NOT
|
!(5==5) (FALSE).
|
5. Operator Bitwise
|
Operator
|
Arti
|
|
&
|
Bitwise AND
|
|
|
|
Bitwise OR
|
|
^
|
Bitwise exclusive OR
|
|
~
|
Bitwise complement
|
|
<<
|
Shift left
|
|
>>
|
Shift right
|
KEYWORD. Bahasa C memiliki
keyword atau kata kunci yang tidak boleh dipakai sebagai
nama fungsi atau pun nama variabel karena digunakan untuk tipe data atau
perintah-perintah pada
![]() |
C. Ada 32 kata kunci, yaitu :
Pointer. Semua variabel yang
sudah dideklarasikan akan diberikan suatu tempat di memori untuk menyimpan data
atau nilai. Tempat-tempat di memori memiliki alamat. Variabel yang dideklarasi
akan diberikan sebuah alamat di memori. Pointer merupakan variabel yang
menyimpan alamat dari variabel lain, sehingga variabel pointer menunjuk tempat
yang sama dengan variabel yang ditunjuknya. Karena menunjuk tempat yang sama,
variabel pointer bisa mengambil nilai dari variabel yang ditunjuknya. Contoh:

4.2.6. Input Output Bahasa C
Pada bahasa C, fungsi untuk memasukkan data (input)
atau mengeluarkan data (output) di antaranya adalah printf(), scanf(), puts(), gets(), putc(), dan getch(). Bentuk umumnya:
a. printf(“kata yang akan dicetak dan simbol-simbol format”,
nama_variabel_untuk_simbol_format_1,
nama_variabel_untuk_simbol_format_2,
...);
b. scanf(“simbol format”, &nama_variabel);
c. puts(‘karakter tunggal’); dalam bahasa C, karakter tunggal
diapit tanda petik tunggal,
string diapit tanda petik ganda.
d. puts(“string/kumpulan karakter”);
e.
char
c = getch();
f.
char
s[] = gets();
![]() |
Contoh program:
4.2.7. Alur Program
PERCABANGAN. Percabangan atau penyeleksian kondisi
adalah suatu proses
untuk melakukan suatu perintah
pada kondisi yang ditentukan. Jika kondisinya terpenuhi, maka akan melakukan suatu proses, jika tidak maka
akan melakukan proses lain. Flowchartnya,

1.
if. Memiliki cara penulisan sebagai berikut.
![]() |
Contohnya,

Jika program dijalankan akan
ditampilkan:
2.
if else. Memiliki cara penulisan
sebagai berikut.

![]() |
Contohnya,
Jika program dijalankan akan
ditampilkan:
3.
if else bersarang. Di
dalam if bisa mengandung if lagi, sehingga terlihat seperti bersarang. Contohnya,

Jika program dijalankan akan
ditampilkan:
![]() |
4. switch case.
Memiliki cara penulisan sebagai berikut.
![]() |
Contohnya,
1 //Program kantin terkomputerisasi
2
3
#include <stdio.h>
4
#include <conio.h> 5
6
int main(){
7
int pilihan;
8
printf(“\”Monggo mas.e mau
pesan apa?\”\n”);
9
printf(”1.
Rames\n2.
Soto\n3.
Pecel\n4. Gorengan\n”);
10
printf(“Pilihan
anda : ”);
11
scanf(“%d”, &pilihan); 12
13
switch (pilihan){
14
case 1:
15
printf(”Anda
memesan Rames.\n”);
16
break;
17
18
case 2:
19
printf(”Anda
memesan Soto.\n”);
20
break;
21
22
case 3:
23
printf(”Anda
memesan Pecel.\n”);
24
break;
25
26
case 4:
27
printf(”Anda
memesan Gorengan.\n”);
28
break;
29
30
default:
31
printf(“Pesanan
anda tidak ada di dalam menu.\n”);
32
break;
33 }
34
35
//Pause program sebelum keluar.
Menunggu input karakter bebas.
36 getch(); 37 }
Jika program dijalankan akan
ditampilkan:
![]() |
PERULANGAN. Ada kalanya kita
membutuhkan suatu bagian program diulang-ulang sebanyak sekian kali. Untuk melakukannya kita bisa melakukan
perulangan atau loop dengan for, while, dan do while, tidak dengan
menuliskan perintah yang sama berulang-ulang.
1.
![]() |
for. Flowchartnya adalah sebagai berikut.
Cara
penulisannya adalah sebagai berikut.
![]() |
![]() |
Contohnya,
Jika program dijalankan akan
ditampilkan:
![]() |
2.
while. Flowchartnya adalah sebagai berikut.

Cara penulisannya adalah sebagai
berikut.
![]() |
Jika program
panggil aku n kali sebelumnya menggunakan for, maka kali ini
adalah versi menggunakan while.

![]() |
Jika program dijalankan akan ditampilkan:
Dalam menggunakan
while, yang
kita butuhkan sebenarnya hanyalah kondisi. Semua perintah atau pernyataan di
dalam blok while akan dijalankan selama kondisi
BENAR.
3.
![]() |
do while. Flowchartnya adalah sebagai berikut.
Cara penulisannya adalah sebagai berikut.
![]() |
Jika program
panggil aku n kali sebelumnya menggunakan for dan while maka kali ini adalah versi menggunakan do while.

Jika program dijalankan akan
ditampilkan:
![]() |
Dalam menggunakan do
while, perintah dalam bloknya akan dikerjakan terlebih dahulu baru
memeriksa apakah kondisi BENAR atau SALAH. Jika kondisi BENAR, maka perintah
dalam blok do akan
dikerjakan kembali. Jika SALAH, maka program akan melanjutkan eksekusinya.
Jadi, perintah dalam blok do
while akan dikerjakan paling sedikit satu kali.
4. Penyarangan.
Di dalam for bisa ada for lagi, atau while, atau yang lainnya. Semua bisa
menyarangkan dan disarangkan termasuk dengan
percabangan.
4.2.8.

Aplikasi Bahasa C

Tugas
pribadi : terangkan
tiap-tiap baris program
di atas yang
berbeda, dan buatlah contoh program aplikasi C
menggunakan kondisional dan perulangan
disertai algoritma dan flowchart.
REFERENSI:
http://oki-prasetyo69.blogspot.com/2013/02/tipe-data-dasar-pada-c-c.html
http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/06/150618_indonesia_mk_nikah
http://www.programiz.com/c-programming/c-operators
https://en.wikipedia.org/wiki/Escape_sequences_in_C
Modul IV
Praktikum Dasar Komputer dan Pemrograman tahun 2013.























Tidak ada komentar:
Posting Komentar